AccountingX

Ceteris Paribus

Arie

oleh Arie Rahayu

 

Lagi baca Cooper, Schindler dan menemukan kata “retarded.” Bingung sekaligus kagum kenapa kata yang sekarang berkonotasi negatif ini bisa ada di buku teks kuliah. Alhasil aku baca ulang kalimatnya.

“The past reluctance of most social scientist to use experimental designs is believed to have retarded the development of scientific research in the social science arena.”

Entah kenapa langsung ingat ceteris paribus. Istilah populer dalam ekonomi yang berarti “bila hal lain tetap”. Ketika seorang ekonom menyebut bahwa jumlah impor sapi akan menurunkan harga, dia secara implisit mengasumsikan ceteris paribus. Bahwa tidak terjadi hal lain yang juga mempengaruhi harga.

Dalam penelitian, kalau nggak keliru, konsep ini juga mewujud ke dalam penggunaan regresi. Cara membaca koefisien regresi adalah perubahan 1 unit X1 akan mempengaruhi Y sebesar b1 (koefisien X1), bila nilai X2 tetap.

Yang menarik, penelitian ekonomi sering menggunakan data dunia nyata. Jumlah impor sapi real, dengan harga daging sapi real. Dunia real yang tidak peduli pada ceteris paribus. Di dunia nyata, harga daging sapi tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah impor. Kadang dia juga dipengaruhi oleh terjadinya topan yang menghalangi transportasi ke daerah yang jauh. Kadang dia dipengaruhi oleh tertahannya pasokan di bea cukai. Kadang harga ini juga dipengaruhi oleh rumor beredarnya daging sapi yang terjangkit mad cow.

Di sisi lain, kita bisa melihat bahwa cara lain membaca ceteris paribus adalah saya hanya ingin tau soal faktor X saja. Dan bagaimana cara paling bagus untuk mengetahui pengaruh faktor X ini saja?

 

Dengan eksperimen.

 

Aku penasaran. Mungkinkah Cooper dan Schindler sebenarnya sedang menggosipkan ilmu ekonomi?

 

๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s