Research Populaire

Ava Duvernay, 13th

Arie 

oleh Arie Rahayu

 

Hai! Kemaren aku abis baca artikelnya Fast Company tentang 13th, film dokumenter 13thteranyar Ava Duvernay. Yang menarik, dalam rangka riset, Ava cerita kalau dia dan editornya sampai nonton 1.000 jam footage soal kekerasan rasial di Amerika.

1000 jam riset!

Bayangin. Kalau 1 hari nonton 10 jam maka butuh 100 hari untuk selesai nonton semua footage-nya. Itu baru soal kekerasan rasial. Tentu ada lagi riset yang dilakukannya dalam rangka aspek lainnya. Berdedikasi banget ya?

Ya memang sih, selain topiknya yang berat yaitu soal rasisme di Amerika, premis 13th ini pun nggak main-main: bahwa rasialisme di Amerika, yang berakar dari zaman perbudakan, juga masuk dan terselubung ke dalam dunia hukum.

Serius ini nggak main-main. Secara umum, rasisme selalu ditarik ke prasangka sejak zaman perbudakan. Prasangka, jadi lebih ke soal rasa. Nah, kalau sampai bisa masuk ke dunia hukum ini berarti sudah masuk sistem. Ada yang salah dengan sistemnya dan kesalahan itu secara tidak adil telah merugikan banyak orang dalam suatu kelompok, yang dalam kasus ini adalah orang berkulit hitam. Kenyataannya, walaupun orang kulit hitam cuma 1/3 dari populasi warga Amerika, namun mereka merupakan 2/3 dari total orang yang dipenjara. Ngeri ya?

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s